Rabu, 14 Oktober 2015

Tipe Sistem Informasi dan Perangkat Keras Komputer

  Peran Sistem Informasi : 
  • Mendukung proses dan operasi usaha : Kegiatan operasi perusahaan sehari-hari, dalam aktivitasnya perusahaan menggunakan sistem informasi agar operasi bisnis perusahaan dapat berjalan lebih efektif dan efisien.
  • Mendukung pengambilan keputusan oleh manajer : Sistem Informasi harus dapat berguna dalam pengambilan keputusan yang tepat oleh manajer suatu organisasi.
  • Mendukung strategi usaha untuk keunggulan kompetitif : Pencapaian keunggulan kompetitif di antara perusahaan lain dan menempatkan perusahaan dalam posisi strategis
     
Tipe Sistem Informasi ( dalam tingkatan organisasi) :
      - Mengefisienkan proses transaksi bisnis, mengendalikan proses industrial, mendukung komunikasi dan kolaborasi dalam usaha dan memutakhirkan database dalam perusahaan. Sistem operasi merupakan pendukung operasi, yang dimaksud dengan operasi disini yaitu proses transaksi(saling menukarkan sesuatu) yang pasti dimiliki oleh setiap organisasi.

Kategori Operational Support System :
  • Transaction Processing System : Sistem informasi untuk mendukung pengolahan transaksi bisnis yang rutin seperti pengolahan transaksi perbankan, reservasi dan penjualan tiket, pendaftaran mahasiswa, transaksi perpustakaan, pelayanan register penjualan (electronic cash register) untuk mendukung kasir di pertokoan.
  • Process Control System : untuk mendukung pengendalian suatu proses operasional secara otomatis, misalkan pengaturan suhu ruangan, penyortiran mutu produk, manufaktur peralatan dan mesin, pengendalian proses pengolahan gula, ATM (Automated Teller Machine) pada perbankan.
  • Enterprise Collaboration System : Sistem infomasi yang merupakan kombinasi dari internet, groupware, berbagai bentuk software dan hardware dan jaringan internal ataupun jaringan eksternal yang digunakan untuk memfasilitasi pembagian dokumen dan pengetahuan secara efisien antar individu maupub tim dalam perusahaan.
Sistem Pendukung Manajemen :
      Menyediakan informasi dan dukungan untuk pengambilan keputusan yang efektif oleh manajer. Proses pengambilan keputusan merupakan hal yang menjadi bagian penting di dalam suatu organisasi atau perusahaan. Pengambilan keputusan yang tepat diharapkan dapat meningkatkan kinerja ataupun pengambilan keputusan terhadap kondisi yang ada dan juga seharusnya diimbangi dengan kecepatan dan keakuratan dari pengumpulan data, pengolahan data sampai pada akhirnya pada tahap pengambilan keputusan.
Jenis Management Support System :
  • Management Information System : Sistem informasi untuk mendukung aktivitas manajemen suatu perusahaan yang meliputi pemantauan, pengendalian, dan pengorganisasian. Sistem menyediakan berbagai laporan, display, dan respon secara periodik, eksepsi, atau berdasarkan permintaan (adhoc), push reporting. Keluaran dari sistem ini lebih ditujukan untuk konsumsi para manajer atu pimpinan dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan strategis dan taktis organisasi. Misalkan sistem informasi manajemen untuk pengembangan usaha baru, sistem informasi untuk manajemen pendidikan tinggi, sistem manajemen untuk pemantauan ekspor komoditi.
  • Decision Support System : Sistem informasi yang ditujukan untuk mendukung pengambilan keputusan atau kebijakan dalam suatu organisasi. Sistem informasi ini menyediakan model-model baik matematik, statistik, dan bidang ilmu lain yang relevan dalam memberikan informasi yang dapan mendukung pengambilan keputusan. Contohnya adalah DSS untuk penentuan kesesuaian jenis lahan untuk komoditas pertanian dengan informasi spasial dan geografis, pemilihan bibit (ternak, tanaman pangan) potensial/unggulan, pemilihan metoda irigrasi untuk suatau kawasan industri tanaman/perkebunan tertentu, pemilihan alat penyiangan, penentuan jumlah dan tipe produk yang harus dihasilkan dalam suatu perioda tertentu, rekruitmen pegawai,  kenaikan pangkat, persetjuan kelayakan usaha. Jika dalam keputusannya diperlukan adanya lebih dari satu orang pengambil keputusan yang lintas disiplin, lintas sektoral, lintas grup maka diperlukan adanya GDSS (Group Decision Support System).
  • Executive Information System : Sistem informasi untuk mendukung aktivitas para eksekutif puncak yang lebih berkonsentrasi pada pemecahan masalah (problem solving), pengambilan keputusan dan kebijakan sehingga perlu disediakan fasilitas sistem informasi yang membebaskan eksektuif dari kesulitan penggunaan sistem secara teknis, pelaporan teknis. EIS menyediakan fasiltas multimedia yang memungkinkan eksplorasi informasi secara visual dalam bentuk teks, citra, audio dan video. EIS juga menyediakan fasiltas komunikasi yang memungkinkan eksekutif berinteraksi dengan pihak luar yang diperlukan dengan mudah dan cepat.
Tipe Sistem Informasi (di fungsi-fungsi organisasi)
      Dalam menentukan pembuatan sistem informasi dapat dilihat dari fungsi organisasinya.
  • Sistem Informasi Keuangan
  • Sistem Informasi Pemasaran
  • Sistem Informasi Produksi
  • Sistem Informasi Sumber Daya Manusia
  • Sistem Informasi Akuntansi

Teknologi Informasi : Perangkat Keras Komputer (Computer Hardware)

Komputer merupakan sebuah sistem, yaitu kombinasi dari komponen yang saling berhubungan yang menampilkan fungsi dasar berupa input, pemrosesan, output, penyimpanan, dan pengendalian. Komputer dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu :
  • Mainframe : merupakan komputer yang sangat cepat, unggul dalam segi memory dan berkinerja tinggi.
 Mainframe komputer raksasa

          Kelebihan komputer mainframe :
          a.  Rentang cakupan mainframe dapat menangani lalu lintas internet yang berkembang.
          b.  Aplikasi mainframe didesain untuk bekerja dengan sedikit klien seperti NetPC dan NC.
          c.  Data pada mainframe lebih aman daripada pada banyak server.
          d.  Sarana internet dipadukan dengan baik ke dalam OS/390 sistem pengoperasian mainframe.
          e.  Mainframe baru menawarkan penghematan yang signifikan dalam ukuran, energi, dan perawatan.
  • Midrange : komputer yang didesain khusus untuk keperluan scientific, engineering, dan aplikasi bisnis yang membutuhkan kecepatan dan perhitungan numerik yang sangat besar. Berukuran lebih kecil, baik dalam hal harga maupun kemampuan daripada mainframe.
  • Komputer Mikro : komputer yang dapat ditempatkan diatas meja.
          Klasifikasi komputer mikro berdasarkan tujuan penggunaannya :
  1. Laptop : merupakan komputer jinjing yang dapat dibawa kemana saja. Ukurannya yang kecil, membuatnya lebih efisien untuk dibawa kemana saja. Dalam hal kinerja, laptop memiliki kinerja yang sama baiknya dengan PC  desktop. Kelebihannya ialah laptop memiliki tempat untuk memutar CD atau DVD, compatible dangan berbagai hardware. Kekurangan dari laptop ialah beratnya yang berkisar antara 3-4kg, dan daya tahan baterainya yang mudah habis.
  2. Portable :  komputer yang bisa dibawa kemana-mana.Ukuran fisiknya sedikti lebih kecil dari komputer desktop. Seluruh bagian-bagiannya dijadikan satu agar mudah dibawa kemana-mana. Jenis komputer ini diciptakan untuk orang yang sering bekerja berpindah-pindah atau dilapangan.
  3. Notebook : Notebook memiliki ukuran yang ralatif lebih kecil dibandingkan dengan Laptop. Karena ukurannya yang lebih kecil itulah notebook lebih nyaman dan mudah untuk dibawa menjadi keunggulan notebook. Notebook memiliki kelebihan lainnya, yaitu daya tahan baterainya yang lebih awet dan ringan. Kekurangan dari notebook ialah terletak pada keterbatasan fitur dan tidak memiliki tempat untuk memutar CD atau DVD.
  4. Desktop :  komputer pribadi yang ditujukan untuk penggunaan secara umum di satu lokasi yang berlawanan dengan komputer jinjing atau komputer portabel.
          Klasifikasi berdasarkan pemanfaatannya :
  1. Komputer rumah
  2. Komputer pribadi
  3. Sistem multiguna
  • Super Komputer : komputer yang didesain khusus untuk keperluan scientific, engineering, dan aplikasi bisnis yang membutuhkan kecepatan dan perhitungan numerik yang sangat besar.
Konsep dan Komponen Sistem Komputer

 











  1. CPU :  merupakan otak dari komputer yang berfungsi memproses dan mengolah semua kalkulasi dan perintah-perintah yang membuat komputer dapat dioperasikan. CPU terdiri atas ALU dan CU.
  • ALU : Pemroses utama yang menyelenggarakan proses aritmatik dan logika dari data.
  • CU :  Pemroses utama yang melakukan pengendalian dan koordinasi komponen.
      2. RAM : Berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara.
      3. ROM  : Berfungsi sebagai tempat penyimpanan permanen hanya dapat dibaca.
      4. PROM  :  Berfungsi sebagai tempat penyimpanan yang hanya dapat ditulis sekali saja.
      5. Address : Lokasi tertentu dalam penyimpanan primer dimana data atau program/instruksi telah disimpan.

Ukuran Kapasitas Penyimpanan
-  Milisecond : siklus mesin yang sama dengan 1/1000 detik.
Microsecond : siklus mesin yang sama dengan 1/1 juta detik.
Nanosecond :  siklus mesin yang sama dengan 1/1 miliar detik.
-  Picosecond : siklus mesin yang sama dengan 1/1 triliun detik.

Kapasitas dinyatakan dalam bentuk byte :
-  Seribu byte = KB
-  Sejuta byte = MB(Megabyte)
-  Satu milyar = GB
-  Satu trilyun = TB

Bagaimana Komputer menyimpan data?
-  Data disimpan dalam bentuk binary digit atau bit
-  Ada dua cara :
   1.  EBCDIC :
   2.  ASCII :

Perkembangan Generasi Komputer :

      1.  Generasi I (1946-1959)
           -  Sirkuitnya menggunakan Vacum Tube
           -  Program dibuat dengan bahasa mesin ASSEMBLY
           -  Ukuran fisik komputer sangat besar dan cepat panas
           -  Proses kurang cepat dan kapasitas penyimpanan kecil
      2.  Generasi II (1959-1964)
           -  Sirkuitnya berupa transistor
           -  Program dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (COBOL, FORTRAN, ALGOL)
           -  Kapasitas memori utama sudah cukup besar
           -  Proses operasi sudah cepat
      3.  Generasi III (1964-1970)
           -  Menggunakan IC (Integrated Circuit)
           -  Pemrosesan lebih cepat
           -  Kapasitas memori lebih besar lagi
           -  Bentuk fisik lebih kecil
      4.  Generasi IV (1970-1990)
           -  Menggunakan Large Scale Integration (LSI)
           -  Dikembangkan komputer mikro yang menggunakan microprocessor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk memori komputer.
      5.  Generasi V (1990-Sekarang)
           -  Menggunakan Very Large Scale Integration (VLSI)
           -  Adanya microprocessor dan semi conductor
           -  Dikenal juga dengan sebutan generasi pentium
         
Teknologi Input
1.  Key Punch
     
Photo
       Key Punch merupakan perangkat untuk secara manual memasukan data ke dalam kartu menekan dengan melubangi tepatnya di lokasi yang di tunjuk oleh symbol disambar oleh operator. Keypunch adalah mekanik, seringkali mirip dengan sebuah meja, dengan keyboard yang mirip dengan mesin tik, dan dengan hopper untuk kartu kosong dan stackers untuk kartu punched.

2.  Keyboard
Hasil gambar untuk keyboard
berfungsi sebagai alat input untuk memasukkan perintah teks, karakter.

3.  Touchscreen
Hasil gambar untuk touchscreen

       Merupakan perangkat input dengan cara menyentuh layar monitor komputer dengan jari atau perangkat khusus.

4.  Light Pen
Hasil gambar untuk Light pen
       Alat input yang digunakan pada piranti layar sentuh untuk menggantikan fungsi tangan juga merupakan salah satu input device dari sistem komputer yang banyak digunakan untuk keperluan menggambar teknis ataupun grafis.

5.  Computer Mouse
Hasil gambar untuk computer mouse
       Merupakan perangkat input dengan cara menyentuh layar monitor komputer dengan menggerakkan objek pada antarmuka grafis untuk diproses oleh komputer.

6.  Source Data Automation

        Proses input secara otomatis untuk mengurangi pekerjaan input data secara manual. Contohnya : Bar code scanner, Magnetic stripes di kartu kredit, kamera digital, MICR codes.

7.  Optical Character Recognition

        Alat mekanis atau elektronik yang digunakan untuk menerjemahkan tulisan tangan ataupun naskah ketikan (biasanya dipindai menggunakan pemindai) menjadi teks yang dapat disunting dengan suatu aplikasi komputer.
       

Teknologi Output 

1.  Printer
Hasil gambar untuk printer
        Berfungsi sebagai alat output cetak dari dokumen elektronik baik bentuk teks maupun grafis.

2.  Plotter
Hasil gambar untuk plotter
       Printer yang mampu melakukan cetak dengan ukuran yang besar, biasanya bisa mencetak sampai ukuran lebar A0 dengan panjang yang jauh lebih besar lagi. Plotter ini sering digunakan untuk pembuatan spanduk dan media ruang luar (reklame).

3.  Video Display Terminal

       Hasil pemrosesan komputer yang dapat dilihat dilayar monitor.

4.  Voice Output Devices

       Mengubah data digital menjadi bentuk suara.

Teknologi Penyimpanan

1.  Magnetic Tape

         Sebuah media penyimpanan data yg digunakan pada mini computer atau mainframe.

2.  Magnetic Disk
Hasil gambar untuk magnetic disk
        Piringan bundar yang terbuat dari bahan tertentu (logam atau plastik) dengan permukaan dilapisi bahan yang dapat di magnetasi.

3.  Optical Disk
Hasil gambar untuk optical disk
       Media penyimpanan data elektronik yang dapat ditulis dan dibaca dengan menggunakan sinar laser bertenaga rendah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

- © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.