Telekomunikasi merupakan pertukaran informasi dalam bentuk apapun. Informasi dapat berupa suara, data, teks, gambar, audio, video melalui jaringan berbasis komputer.
Terdapat beberapa tren dalam telekomunikasi :
- Tren Industri : Terkait dengan perkembangan industri, misalnya peningkatan penggunaan internet dan web untuk kerja sama dan perdagangan secara elektronik pada perusahaan.
- Tren Teknologi : Ke arah penggunaan internet, optik serat digital, dan teknologi nirkabel.
- Tren Aplikasi : Kearah penggunaan internet, intranet perusahaan, dan ekstranet antar perusahaaan. Saat ini jaringan telekomunikasi memainkan peran penting dan meluas dalam proses e-business berbasis Web, e-commerce, kerjasama perusahaan, dan aplikasi bisnis lainnya yang mendukung tujuan strategis, manajemen & operasional, baik di perusahaan besar maupun di perusahaan kecil.
Nilai Bisnis Jaringan Telekomunikasi
- Membantu mengatasi halangan bisnis dalam memperoleh informasi mengenai transaksi bisnis dari lokasi yang jauh.
- Mengatasi halangan waktu dengan menyediakan informasi ke lokasi yang jauh dengan cepat.
- Mengurangi biaya dari sarana komunikasi tradisional.
- Mendukung e-commerce
Revolusi Internet
Internet berasal dari kata internetworking merupakan sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia.
Aplikasi Populer dari Internet :
- Surfing
- E-mail
- Berdiskusi
- Publikasi
- Beli dan Jual
- Download
- Komputasi
- Penggunaan lainnya : website-website streaming, atau website lain yang tidak terkategorikan.
Penggunaan Bisnis dari Internet
Aplikasi seperti kerja sama antara mitra bisnis, penyedia dukungan pelanggan dan pemasok serta e-commerce telah menjadi penggunaan bisnis utama dari internet. Perusahaan menggunakan teknologi internet untuk pemasaran, penjualan, dan aplikasi manajemen hubungan pelanggan, serta aplikasi dalam bidang teknik, manufaktur, sumber daya dan akuntansi.
Nilai Bisnis dari Internet
- Menghasilkan pendapatan baru dari penjualan online.
- Mengurangi biaya transaksi melalui penjualan online dan dukungan pelanggan.
- Menarik pelanggan baru melalui iklan dan pemasaran web serta penjualan online.
- Meningkatkan loyalitas pelanggan saat ini melalui perbaikan dukungan dan layanan pelanggan web.
- Mengembangkan pasar baru berbasis web dan saluran distribusi untuk produk yang ada saat ini.
- Mengembangkan produk baru berbasis informasi yang dapat diakses di web.
Peran Intranet
Intranet adalah jaringan privat yang menggunakan software internet dan protokol TCP/IP. Intranet memberikan akses yang mudah bagi karyawan untuk memperoleh informasi perusahaan. Intranet merupakan media yang efektif untuk mengirim aplikasi mengenai informasi perusahaan, seperti kebijakan, prosedur, dan bentuk SDM, direktori telepon organisasi, program pelatihan, search engines, basis data pelanggan, katalog produk dan manual kerja, groupware, bagan organisasi, berita terbaru mengenai organisasi, peringatan akan krisis, serta gudang data dan akses pendukung keputusan.
Nilai Bisnis Intranet
- Dengan adanya browser web ekstranet membuat pelanggan dan pemasok mengakses sumber daya intranet lebih mudah dan cepat.
- Membangun dan memperkuat hubungan strategis dengan mitra bisnis.
- Memfasilitasi pengembangan produk, pemasaran, dan proses secara interaktif dan online.
Alternatif Jaringan Telekomunikasi
Telekomunikasi adalah sebuah teknik yang mampu mengubah sistem teknologi informasi. Sangat penting bagi pengguna untuk mengerti beberapa karakteristik penting dari komponen dasar jaringan telekomunikasi. Hal tersebut dapat membantu pengguna untuk berpartisipasi secara efektif dalam membuat keputusan mengenai alternatif telekomunikasi.
Saluran telekomunikasi dapat diartikan sebagai data dan bentuk telekomunikasi yang ditransmisikan diantara pengirim dan penerima dalam suatu jaringan telekomunikasi.
Komponen Jaringan Telekomunikasi
- Terminal : Komputer pribadi berjaringan, peralatan komunikasi, termasuk telepon.
- Prosesor Telekomunikasi : Yang mendukung pengiriman dan penerimaan data (Modem, router, switch).
- Saluran Komunikasi : Kawat baja, kabel koaksial, kabel serat optik, atau nirkabel spt gel pendek, satelit komunikasi, radio, dasn sistem selular.
- Komputer : Dalam semua ukuran dan jenis saling dihubungkan oleh jaringan telekomunikasi agar dapat melakukan tugas pemrosesan informasi. Contoh: komputer mainframe dapat bertindak sebagai host bagi jaringan yang luas, dilengkapi dengan komputer skala menengah untuk bertindak sebagai prosesor front-end, sedangkan mikrokomputer dapat sebagai server jaringan yang kecil.
- Software Pengendalian telekomunikasi : Software manajemen network, browser Web.
Macam-Macam Jaringan :
- Jaringan Lokal
- Local Area Network (LAN) : menghubungkan berbagai peralatan komunikasi dalam area geografis yang terbatas (tidak lebih dari 1 km). Terdiri dari sebuah server file, sejumlah mesin klien, teknologi kabel atau nirkabel yang menghubungkan berbagai peralatan, NIC, dan piranti lunak untuk mengendalikan aktivitas LAN.
- Private Branch Exchanges (PBX) : Mengendalikan pergantian telepon di lokasi perusahaan, Menjalankan fungsi call waiting, call forwarding, dan voice mail.
2. Jaringan Luas
- Wide Area Network (WAN) : Jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota, atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.
- Value Added Network (VAN) : Jaringan komputer yang dibuat oleh perusahaan jasa jaringan komersial dan menjualnya ke pelanggan-pelanggan yang memanfaatkan jasa jaringan ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar